MENGATASI SEMBELIT DENGAN CEPAT DAN TANPA MINUM OBAT

Unknown
MENGATASI SEMBELIT DENGAN MUDAH DAN TANPA MINUM OBAT
MENGATASI SEMBELIT DENGAN MUDAH DAN TANPA MINUM OBAT


Hay, semua sobat setia kejasroh. kita bertemu lagi di web kesayangan saya yang sangat bermanfaat ini. Saya selaku admin atau yang mengetik semua artikel di web kesayangan ini. Saya akan share tentang masalah sembelit.

Pasti hampir semua orang mengalami hal yang sangat menyiksa dan sangat menyebalkan. Di antaranya adalah mengalami sakit yang sangat menyebalkan, seperti sakit sembelit.

Karena penyakit sembelit merupakan salah satu penyakit yang menyebalkan. Sangat tidak nyaman sekali jika kita sedang terkena penyakit sembelit. Karena selain menahan rasa sakit kita pasti harus mondar-mandir ke toilet. Dikarenakan susahnya buang air besar (BAB).

Sembelit atau Konstipasi adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Sembelit yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan sembelit yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.


CARA MENGOBATI PENYAKIT SEMBELIT
Pengobatan dan peredaan sembelit secara alami dapat dilakukan dengan pengubahan pola makan menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, memijat perut dan punggung, minum air putih sebanyaknya, meminum minuman prebiotik dan probiotik, atau membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari dengan membuat jadwal buang air besar yang disebut bowel training.

Terapi tertawa juga dapat dilakukan, karena dengan tertawa otot perut secara refleks bergerak sehingga perut terpijat sehingga merangsang gerakan peristaltik usus dan melancarkan buang air besar.

Sembelit dapat juga diredakan atau diatasi dengan merendam kaki ke dalam air dingin. Kaki direndam sampai terasa cukup dingin. Terapi ini juga dapat mengatasi kaki pegal, pendarahan hidung, dan insomnia.

Sedangkan dengan cara sedikit dipaksa yang biasanya untuk penderita obstipasi, yaitu dengan mengonsumsi obat pencahar disebut laksatif, penghisapan tinja atau feses dengan alat khusus, terapi serat, dan pembedahan.

Tekanan di dalam saluran pencernaan penderita kosntipasi terlalu rendah untuk mendorong keluar tinja dari dalam usus. Agar tekanannya menjadi tinggi, bagian atas usus perlu dibuat agar bertekanan lebih tinggi daripada bagian bawahnya, yakni dengan menempelkan air es di perut dan air hangat di pantat. Hal ini biasanya diterapkan untuk sembelit yang datang secara tiba-tiba.

Agar penderita sembelit dapat cepat sembuh, maka penderita dilarang:
  1. Menahan buang air besar.
  2. Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas.
  3. Makan dalam porsi yang banyak.
  4. Meminum minuman yang berkafein dan minuman ringan.
  5. Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin.


Ada banyak cara yang bisa kita pakai untuk mengobati penyakit sembelit. Tapi saya akan memberikan salah satu cara mudah menngobati penyakit sembelit dan dapat dilakukan sendiri.

Cara yang saya berikan adalah dengan cara metode pijat refleksi, seperti pada gambar di atas. Untuk mencegah sembelit, maka tekanlah titik refleksi pada telapak kaki, selama kurang lebih 1-3 menit. Penjelasan titik-titik refleksi untuk mencegah sembelit seperti gambar di atas;
1. Refleksi punggung kaki
    - Titik kelenjar teroid
2. Refleksi telapak kaki
    - Titik kelenjar pituitaria
    - Titik lambung
    - Titik usus besar
    - Titik sigmoid (anus)
    - Titik usus kecil
    - Titik pantat
    - Solar plexus


PENYEBAB SEMBELIT
Sembelit adalah keluhan pada sistem pencernaan yang paling umum dan banyak ditemui di masyarakat luas termasuk di sekitar kita. Bahkan diperkirakan sekitar 80% manusia pernah mengalami konstipasi atau sembelit. Penyebab umum konstipasi atau sembelit yang berada disekitar kita antara lain:
  1. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.
  2. Menderita panas dalam.
  3. Stres atau depresi dan aktivitas yang cukup padat.
  4. Pengaruh hormon dalam tubuh (misalnya dalam masa menstruasi atau kehamilan).
  5. Usus kurang elastis.
  6. Kelainan pada sistem pencernaan.
  7. Gaya hidup dan pola makan yang kurang teratur.
  8. Efek samping akibat meminum obat yang mengandung banyak kalsium.
  9. Kekurangan asupan vitamin C dan kekurangan makanan berserat.
  10. Merupakan gejala penyakit (misalnya tifus dan hernia).
  11. Sering menahan buang air besar dalam jangka waktu yang lama.
  12. Emosi, karena orang yang emosi atau cemas ususnya kejang, sehigga pertaltik usus terhenti dan usus besar menyerap kembali cairan feses. Akibatnya feses menjadi semakin keras.
  13. Kurang berolahraga.
  14. Kelebihan konsumsi serat.
  15. Kelebihan memakan daging. Terutama daging merah karena sulit dicerna dan memiliki banyak zat besi. Besi adalah zat yang membuat pengerasan tinja, membuatnya berwarna gelap dan hitam.
  16. Dari penyalahgunaan obat, seperti obat laksatif.
  17. Memakan buah atau sayuran tertentu yang dapat memadatkan kotoran secara alami secara berlebihan seperti pisang.
Tips;
Jangan makan sembarangan dan jangan makan secara berlebihan. Menurut agama Islam pun melarang makan secara berlebihan. Karena hal-hal yang berlebihan itu sangat tidak baik untuk kita.

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.