MENGATASI SUARA SERAK PADA TENGGOROKAN DENGAN SANGAT MUDAH

Unknown
Suara Serak
Mengatasi Suara Serak dengan Sangat Mudah


Hay, semua sobat setia kejasroh. kita bertemu lagi di blog kesayangan saya yaitu kejasroh yang penuh dengan ilmu dan solusi-solusi tentang mengatasi segala penyakit. Blog ini saya buat bertujuan untuk buku panduan saya dan yang paling utama adalah untuk memberikan beberapa solusi seputar kesehatan jasmani ataupun rohani.

Tidak usah basa-basi, saya akan lansung kepada inti tema postingan ini yaitu masalah suara serak atau sakit tenggorokan.


Suara serak atau bisa di sebut Hoarseness sering digunakan untuk menggambarkan perubahan kualitas suara, mulai dari suara lemah hingga kasar. Istilah hoarseness sendiri dapat merefleksikan kelainan atau abnormalitas yang letaknya bisa di berbagai tempat di sepanjang saluran suara, mulai dari rongga mulut hingga paru. Istilah hoarseness lebih baik ditujukan untuk disfungsi kotak suara akibat vibrasi pita suara yang abnormal.


TANDA PERUBAHAN SUARA
Jika penderita mengeluh suara lemah, besar kemungkinan letak abnormalitas bicara  tersebut adalah di fase paru atau saluran trakeobronkial, salah satunya akibat pergerakan paru yang terbatas, membuat suara yang keluar sulit dipersepsikan.

Sedangkan jika terdapat kesulitan dalam pengucapan kata(artikulasi) atau mengalami perubahan resonansi suara seperti suara yang datang dari hidung, maka masalahnya kemungkinan berasal dari fase oral/faring.

Abnormalitas dalam fase oral juga bisa menghasilkan suara muffled Meredam) atau "hot potato" voice (seperti orang sedang berbicara saat mengunyah kentang panas). Kelainan yang berasal dari fase oral dan fase paru tidak dianggap sebagai suara serak.

Suara serak yang sebenarnya, berasal dari abnormalitas pada kotak suara dan umumnya menghasilkan suara yang kasar, serak/parau. Di bawah ini terdapat berbagai istilah untuk mengkarakteristikan suara serak atau perubahan kualitas suara:


  • Disfonia: Untuk penggambaran perubahan umum kualitas suara
  • Diplofonia: Menggambarkan suara yang dibentuk oleh vibrasi pita suara menghasilkan 2 frekuensi yang berbeda
  • Afonia: Terjadi jika tidak ada suara di hasilkan oleh pita suara. Ini sering terjadi sekunder terhadap tidak adanya aliran udara melalui pita suara, atau defisiensi dalam perapatan pada pita suara.
  • Stridor: Mengindikasikan bising yang dihasilkan dari saluran pernapasan atas selama inspirasi atau ekspirasi karena adanya obstruksi. Stridor (berbunyi kasar) menandai keadaan emergensi, dan tidak dipertimbangkan sebagai hoarseness. Artinya mungkin saja muncul bersamaan dengan hoarseness jika obstruksi terjadi di level pita suara.


CARA MENGATASI SUARA SERAK METODE REFLEKSI
Untuk menyembuhkan suara serak, maka tekanlah titik-titik refleksi pada punggung kaki, telapak kaki dan telapak tangan selama kurang lebih 1-3 menit. Penjelasan titik-titik refleksi untuk menyembuhkan suara serak seperti gambar di atas;

1. Refleksi punggung kaki
    - Titik getah kuning
    - Titik kelenjar tiroid
    - Titik kelenjar getah kuning bagian dada
2. Refleksi telapak kaki
    - Titik saraf trigeminus
    - Titik kelenjar tiroid
    - Titik lambung
    - Titik limpa
3. Refleksi telapak tangan

    - Lambung

Trimakasih atas kunjungan kalian yang sudah senantiasa membaca artikel dari Kejasroh. Masih banyak lagi artikel-artikel yang sangat bermanfaat untuk kita semua, terutama mengenai kesehatan jasmani dan rohani. Jangan sampai ketinggalan update artikel di kejasroh.

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.