Tuesday, May 24, 2016

MENGATASI ATAU MENGOBATI SUSAH TIDUR ( INSOMNIA ) DENGAN SANGAT MUDAH



Bertemu lagi di blog kesayangan saya yaitu kejasroh yang penuh dengan ilmu dan solusi-solusi tentang mengatasi segala penyakit. Blog ini saya buat bertujuan untuk buku panduan saya dan yang paling utama adalah untuk memberikan beberapa solusi seputar kesehatan jasmani ataupun rohani. Tidak usah basa-basi, saya akan lansung kepada inti tema postingan ini yaitu masalah Insomnia (susah tidur).

Kurang tidur atau yang sering di sebut-sebut dengan insomnia sering terjadi oleh kalangan usia muda sampai lanjut usia, dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh American Center Society, 1,1 juta penduduk di Amerika menemukan bahwa mereka yang dilaporkan tidur sekitar 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih tinggi tingkat kematiannya. Tidur selama 8,5 jam atau lebih setiap malam dapat meningkatkan angka kematian sebesar 15%. Insomnia kronis, tidur kurang dari 3,5 jam (wanita) dan 4,5 jam (laki-laki) juga dapat menyebabkan kenaikan sebesar 15% tingkat kematian. Setelah mengontrol durasi tidur dan insomnia, penggunaan pil tidur juga berkaitan dengan peningkatan angka kematian.

Banyak penderita insomnia yang sering bergantung pada obat tidur atau obat penenang lainnya supaya bisa beristirahat. Namun pada obat tidur atau obat penenang tersebut termasuk obat sodatif yang memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan terhadap obat-obatan tersebut. Bahkan penderita insomnia tidak menyadari dan beranggapan bahwa mereka tidak bisa tidur tanpa obat itu.


PENYEBAB INSOMNIA ATAU KURANG TIDUR
Insomnia bukan termasuk ke golongan penyakit, namun merupakan suatu gejala yang memiliki beberapa penyebab seperti, kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Terkadang orang sulit tidur karena badan dan otak kurang lelah atau kurang beraktifitas. Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga. Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur.

Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.


CARA MENGATASI SUSAH TIDUR DENGAN METODE REPLEKSI
Untuk menyembuhkan gangguan susah tidur, tekanlah titik refleksi pada kaki (punggung kaki, telapak kaki), dan repleksi bagian tangan (punggung tangan) selama kurang lebih 1 sampai 3 menit.

1. Refleksi punggung kaki
- Titik kelenjar reproduksi

2. Refleksi telapak kaki
- Titik kelenjar tiroid
- Titik limpa
- Titik syaraf pinggul

3. Refleksi punggung tangan
- Titik lambung

No comments:

Post a Comment