KISAH NABI TERKAIT FASE MEKKAH (Bag 4)

Unknown
kisah nabi
kisah nabi
Fase pertama, Dakwah Secara Sembunyi- Sembunyi (Sirriyah)

Sebagai tempat kelahiran dan pertumbuhannya, maka kota Mekkah dijadikan Rasulullah Saw sebagai titik tolak dakwahnya.

Pada awalnya, metode dakwah yang  dilakukan Rasulullah Saw bersifat sirriyah (sembunyi-sembunyi), berlangsung selama tiga tahun pertama dakwahnya. Hal tersebut mengingat kedudukan Rasulullah Saw yang lemah, ditambah kandungan dakwah beliau yang sangat bertolak belakang dengan keyakinan prinsip masyarakatnya yang penuh dengan nilai- nilai kesyirikan.

Lapisan masyarakat yang paling pertama beliau serukan ajaran islam tentu saja adalah keluarga dan kenalan dekatnya, itupun beliau pilih hanya kepada mereka yang ada tanda-tanda kebaikan pada dirinya.

Usaha beliau tidak sia- sia. Pada hari- hari pertama dakwahnya terkumpul sejumlah orang yang menerima dakwahnya dengan penuh keyakinan dan penghormatan terhadap Rasulullah Saw. Merekalah yang dalam sejarah islam dikenal sebagai as-Saabiquunal Awwaluun (Generasi Pertama yang Menerima Islam).

Orang terdepan dari kelompok ini adalah istrinya sendiri Ummul Mu’minin; Khadijah binti Khulwailid, kemudian budaknya Zaid bin Haritsah, lalu sepupunya; Ali bin Abi Thalib kw yang saat itu masih belia dan dirawat oleh Rasulullah Saw, kemudian sahabat dekatnya; Abu Bakar as-Shiddiq ra.

Tak beberapa lama, tercatatlah sejumlah orang yang masuk islam lewat beliau, di antaranya: Utsman bin Affan, Zubai bin Awwam, Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqqas, Thalhah bin Ubaidillah ra. Mereka juga golongan sebagai generasi pertama dari kalangan para sahabat dan yang banyak berperan dalam dakwah Rasulullah Saw berikutnya.

Kemudian, satu demi satu masyarakat Quraisy masuk islam; seperti Bilal bin Rabah, Abi Ubaidah Amir bin Jarrah, Abu Salamah bin Abd al- Asad, Arqam bin Abi Arqam, Ustman bin Madz’un, Fatimah binti Khattab (saudara perempuan Umar bin Khattab)., Khabbab bin ‘Art, Abdullah bin Mas’ud dan lainnya.

Mereka semua masuk islam secara sembunyi- sembunyi, karena Rasulullah Saw menyampaikan dakwahnya secara individu dan rahasia.

Sementara itu, wahyu terus diturunkan, umunya pendek- pendek, namun memiliki tekanan kuat untuk membersihkan hati dari berbagai kotoran duniawi, sangat sesuai dengan kondisi saat itu yang menuntuu kelembutan hati dan jiwa. Selain itu, wahyu yang turun banyak menggambarkan tentang syurga dan neraka, hingga seakan- akan terpampang di hadapan mata, hal mana dapat menimbulkan kerinduan seseorang terhadap syurga dan ketakutannya terhadap neraka.

Sedikit demi sedikit lahirlah ikatan hati yang kuat di antara mereka, kemudian lahirlah rasa ukhuwwah dan tolong menolong  sehingga semakin mengokohkan keimanan mereka.

Shalat

Ritual yang sejak awal mereka lakukan adalah ibadah shalat Namun waktu itu shalat lima waktu belum ditetapkan. Yang mereka lakukan adalah shalat dua raka’at setiap pagi dan petang, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

kisah nabi
kisah nabi
“ Dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi”
(QS. Al-Mu’min: 55)

Hal itupun tetap mereka lakukan dengan sembunyi- sembunyi agar tidak diketahui masyarakat.

Suku Quraisy Mendengar Berita

Meskipun dakwah tetap dilakukan secara sembunyi-sembunyi namun lambat laun akhirnya berita tersebut sampai juga ke telinga orang-orang Kafir Quraisy.

Pada awalnya mereka tidak terlalu menghiraukannya. Mereka menganggap apa yang dilakukan Rasulullah Saw tak berbeda dengan apa yang dilakukan oleh beberapa orang sebelumnya yang sekedar ingin menghidupkan nilai keberagamaan.

Akan tetapi lama- kelamaan kekhawatiran tersebut muncul juga setelah pengaruh Rasulullah Saw kian lama kian kuat dan meluas, mulailah mereka memperhatikan dan mengawasi dakwah Rasulullah Saw.





Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.