CERITA NABI MUHAMMAD SAW DALAM PERJALANANNYA KE TANAH MADINAH BAB 4 (Bag 12)

Unknown
cerita nabi muhammad
cerita nabi muhammad

Hai, Kejasroh semua. Memang yang namanya sejarah itu tidak pernah ada habisnya. Bahkan semua cerita yang berkaitan dengan sejarah sangatlah panjang seperti tidak ada habisnya sama sekali. Dari kisah sebelumnya pasti ada yang menganggap bahwa ceritanya sudah selesai sampai disitu. Jawabannya tentu saja belum selesai. Kini kami akan menceritakan kisah terakhir perjalanan baginda Rasul ke Kota Madinah. Silahkan menyimak cerita yang kami sediakan untuk anda semua.

Singgah di Quba

Para hari senin tanggal 8 Rabiul Awal tahun 14 kenabian atau tahun pertama Hijriah, Rasulullah Saw singgah di Quba. Di sana beliau menetap selama 4 hari dan membangun masjid Quba, lalu shalat di sana. Itulah masjid yang pertama kali dibangun dengan landasan taqwa setelah kenabiannya.

Ali bin Abi Thalib kw, setelah menyelesaikan urusan yang dipesankan Rasulullah Saw segera menyusul beliau hijrah ke madinah dan menemuinya di Quba.

Pada hari jumat Rasulullah Saw meninggalkan Quba, untuk menuju Madinah, serombongan Bani Najjar mengawal perjalanan Rasulullah Saw. Setibanya di Bani Salim bin ‘Auf mereka melakukan shalat jumat.

Masuk ke Kota Madinah

Setelah selesai jumat, Rasulullah Saw memasuki kota Madinah. Pada saat itu nama kota Yastrib diganti menjadi Madinatur Rasul (kota Rasul), kemudian lebih mudah disebut sebagai kota Madinah.
Beliau disambut dengan gegap gempita oleh kaum muslimin di Madinah, kebahagiaan dan kegembiraan sangat tampak di kalangan kaum muslimin ketika menyambutnya. Merekapun melantunjan bait- bait syair penyambutan yang semarak:

cerita nabi muhammad
cerita nabi muhammad

Bulan purnama telah terbit di atas kami

Dari Tsaniatil Wada’

Kami harus bersyukur

Atas apa yang dia serukan di jalan Allah

Wahai orang yang diutus untuk kami

Engkau datang membawa perkara yang harus dita’ati

Kalangan Anshar, meskipun mereka tidak kaya raya, berebut agar rumahnya menjadi tempat singgahan Rasulullah saw. Setiap kali Rasulullah saw berlalu didepan rumah mereka, tali hewan tunggangannya mereka tarik- tarik, mengharap agar Rasulullah saw singgah di rumahnya. Namun rasulullah Saw meminta agar membiarkan ontanya berjalan sendiri.

Dibiarkanlah onta tersebut berjalan, hingga kemudian dia berhenti dan berdekam di tempat uang sekarang menjadi mesjid Nabawi, kemudian berjalan lagi sebentar, namun kembali lagi ke tempat semula.

Kemudian Rasulullah Saw bertanya: “ Siapakah yang rumahnya paling dekat dari tempai ini?”. Abu Ayub berkata: “ Saya ya Rasulullah!”. Akhirnya Rasulullah Saw singgah di rumah Abu Ayyub al-Anshari.

Beberapa hari kemudian, menyusul tiba isterinya; Saudah dan kedua anak beliau; Fatimah dan Ummu Kultsum, lalu Usamah bin Bakar yang membawa keluarga Abu Bakar, termasuk di dalamnya Aisya radhiallahuanha.

Rasulullah saw berdoa:

cerita nabi muhammad
cerita nabi muhammad
“ Ya Allah, berilah kami rasa cinta terhadap Madinah sebagaimana kami mencintai Mekkah, atau lebih dari itu, sebarkanlah kesehatan padanya. Berkahilah takaran dan ukurannya, pindahkanlah (penyakit) demanya dan tempatkanlah di Juhfah”

Sampai disini berakhirlah periode pertama bagian kehidupan Rasulullah saw, yaitu Periode Dakwah di Mekkah.







Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.