SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW MELAKUKAN PERJALANAN KE MADINAH BAB 3 (Bag 12)

Unknown
sejarah nabi muhammad
sejarah nabi muhammad
Bagaimana kabar kalian semua para sahabat Kejasroh yang setia? Kami harap kalian sehat- sehat semua. Dari kisah sebelumnya yang sudah kami berikan tentu saja belum selesai. Perjalanan baginda Rasul ke kota Madinah belum selesai sampai disitu. Dan kini waktunya kami melanjutkan kisah perjalanan baginda Rasul ke kota Madinah. Silahkan menyimak kisah yang kami sediakan.

Dari Rumah Menuju Gua

Rasulullah Saw keluar dari rumahnya pada malam 27 Shafar tahun 14 kenabian. Lalu beliau mendatangi rumah sahabatnya; Abu Bakar Ash-Shiddiq. Kemudian lewat pintu belakang, mereka berdua segera bertolak keluar Mekkah, sebelum terbit fajar.


Rasulullah Saw menyadari betul, bahwa ketika orang kafitr Quraisy hijrah ke Madinah, mereka akan dengan sekuat tenaga mencegahnya. Dan yang paling pertama mereka lakukan adalah mengejar Rasulullah Saw lewat jalur yang biasa digunakan untuk menuju Madinah, yaitu kea rah utara. Karena itu untuk menghindari kejaran mereka, Rasulullah Saw menempuh jalan yang berlawanan sama sekali, yaitu berjalan kea rah selatan menuju ke negeri Yaman. Beliau dan Abu Bakar terus berjalan hingga sekian mil, sampai kemudian mereka tiba di gunung Tsur, gunung yang tinggi menjulang dengan jalan yang curam serta sulit didaki. Lalu pada ketinggian gunung tersebut mereka beristirahat di sebuah gua yang dikenal sebagai gua Tsur.

Di Gua Tsur

Sebelum masuk ke dalam gua, Abu Bakar melarang Rasulullah Saw masuk lebih dahulu sebelum dirinya, supaya jika terjadi  sesuatu, hanya akan menimpa dirinya. Kemudian setelah masuk ke dalam gua,  beliau mendapati banyak lobang di dalamnya, maka dia sobek kainnya untuk menyumpal lobang tersebut, hinnga tersisa dua lobang yang tidak terdapat lagi sisa kain untuk menyumpalnya, akhirnya kedua kakinya dijulurkan untuk menutupi kedua lobang tersebut. setelah itu baru beliau mempersilahkan Rasulullah Saw untuk masuk.

Maka masuklah Rasulullah Saw, lalu beliau berbaring dan tidur di atas pangkuannya. Sebagai bukti kecintaan Abu Bakar terhadap Rasulullah Saw, beliau tetap menahan kakinya menutupi lobang itu agar Rasulullah Saw tidak terbangun dari tidurnya meskipun kakinya dipatuk sesuatu dari dalam lobang tersebut, beliau tahan sakitnya hingga air matanya menetes mengenai wajah Rasulullah Saw hingga beliau terbangun. Setelah mengetahui sebabnya, maka Rasulullah Saw meludahi kaki beliau hingga hilang rasa sakitnya.

Di dalam gua tersebut mereka menetap selama tiga malam. Abdullah bin Abu Bakar Ash-Shiddiq, setiap malam menemui keduanuan utnuk menyampaikan berita yang dia dengar dari kaum Quraisy di siang harinya, lalu menjelang fajar dia segera pulang, sehingga pagi harinya sudah berada di tengah masyarakat Mekkah tanpa meninmbulkan kecurigaan.

Sementara itu, Amir bin Fuhairah (Budah Abu Bakar) menggembala kambing di sekitar tempat tersebut, dia bertugas memberikan hasil perahan susu kambingnya kepada mereka berdua, juga untuk menghilangkan jejak Abdullah bin Abu Bakar dengan menggiring kambingnya pada bekas- bekas tapaknya.

Di sisi lain, kaum Quraisy sangat galau ketika mereka tidak juga dapat menemukan Rasulullah Saw hingga pagi hari. Mereka segera memukul Ali bin Abi Thalib kw, diseretnya dia ke Ka’bah dan ditahan disana selama beberapa jam, namun mereka tidak mendapatkan berita apa- apa darinya. Merekapun mendatangi rumah Abu Bakar, juga tidak mendapatinya. Asma’ yang ketika itu ditanya tentang keberadaan Abu Bakar, menyatakan tidak tahu. Abu Jahal menamparnya dengan keras, hingga anting- antingnya terlepas.

Kaum kafir Quraisy segera mengumumkan sayembara dengan hadiah ratusan onta bagi siapa saja yang dapat menangkap Rasulullah Saw, hidup atau mati. Setelah pengumuman tersebut semakin banyak orang mencarinya dengan sungguh- sungguh ke segala penjuru. Bahkan di antara mereka ada yang sudah tinggal beberapa langakah di depan gua Tsur. Abu Bakar sudah melihat laki- laki mereka tampak di mulut gua, seandainya mereka menunduk sedikit saja, niscaya mereka segera menemukannya.

Abu Bakar yang ketakutan, khawatir mereka akan menemukan Rasulullah saw, namun beliau Saw menenangkan, dengan bersabda:

sejarah nabi muhammad
sejarah nabi muhammad
“ Bagaimana pendapatmu ya Abu Bakar dengan dua orang di mana yang ketiganya adalah Allah”.

Dan akhirnya para pencari itu meninggalkan tempat tersebut.

Menuju Madinah

Ketika upaya pencarian sudah mulai reda, Rasulullah Saw bersiap- siap berangkat menuju Madinah.

Sebelumnya Rasulullah saw telah menyewa Abdullah bin Uraiqith al-Laitsi sebagai penunjuk jalan, mereka telah berjalan untuk bertemu di depan gua Tsur setelah tiga malam berikutnya dengan dua hewan tunggangan.

Sementara itu, Asma binti Abu Bakar bertugas menyiapkan perbekalan makanan bagi keduanya. Untuk membawa dua tempat makanan dia harus memotong ikat pinggangnya menjadi dua, satu untuk mengikat ransum makanannya, dan satu lagi untuk dia pakai sebagai ikat pinggang. Sehingga dia dikenal dengan sebutan “Dzatunnithoqoin” ( Wanita pemilik dua ikat pinggang).

Setelah segala sesuatunya siap, berangkatlah Rasulullah saw dan Abu Bakar ash-Shiddiq ra dengan penunjuk jalan Abdullah bin Uraiqith, yang saat itu masih kafir namun dipercaya oleh mereka.

Pertama- tama mereka lewat arah selatan menuju Yaman, kemudian ke arah barat menuju pantai, hingga sampai pada tempat yang tidak biasa dilalui orang, mereka merubah haluan ke arah utara dekat laut merah, lalu menempuh jalur yang tidak biasa dilalui manusia.

Di tengah perjalanan, mereka dikejar oleh Suraqah yang mengetahui berita perjalanan mereka dari seseorang. Namun ketika jarak mereka sudah sangat dekat, berkali- kali kuda yang ditunggangi Suraqah tersungkur tidak dapat berjalan, sampai akhirnya dia membatalkan rencananya untuk menangkap Rasulullah saw.





Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.