CERITA NABI TENTANG TAHUN BERDUKA CITA RASULULLAH (Bag 7)

Unknown
cerita nabi
cerita nabi

Wafatnya Abu Thalib

Abu Thalib mulai sering mengalami sakit, semakin lama semakin berat. Akhirnya beliau meninggal pada bulan Rajab tahun 10 kenabian, setelah 6 bulan dari peristiwa pemboikotan.

Dalam riwayat yang shahih disebutkan bahwa ketika beliau sekarat, Rasulullah Saw datang menghampirinya, saat itu ada Abu jahal di sisinya.

Rasulullah Saw berkata:


“ Wahai pamanku, ucapkan : Laa Illaaha Illallah, kalimat yang dapat aku gunakan untuk membelamu di sisi Allah”.

Abu Jahal dan Abdullah bin Abi Umayyah berkata:

“ Wahai Abu Thalib, apakah engkau membenci agama Abdul Muthalib?”.

Berulang- ulang mereka katakana itu, hingga akhir ucapan Abu Thalib adalah:

“ Saya tetap berada di dalam agama Abdul Mutholib”.

Mendengar itu Rasulullah Saw bersabda: “ Aku akan mintakan ampunan untukmu, selagi aku tidak dilarang dalam hal itu”.

Lalu turunlah ayat Allah Ta’ala:

cerita nabi
cerita nabi

“ Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang- orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang- orang musyrik, walaupun orang- orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka bahwasanya orang- orang musyrik itu, adalah penghuni neraka jahannam”. (QS. At-Taubah: 113)

Allah juga menurunkan ayat-Nya:

cerita nabi
cerita nabi

“ Sesungguhnya kamu tidak akan dapat member petunjuk kepada orang yang kamu kasihi tapi Allah memberi petunjuk kepada yang dia kehendaki”. (QS. Al-Qhashash:56)

Demikianlah, Abu Thalib mati tetap dalam kekafirannya, meskipun selama hidupnya dia selalu membela dan melindungi Rasulullah Saw.

Wafatnya Khadijah radhiallahuanha

Dua bulan setelah wafatnya Abu Thalib, berikutnya wafat pula Ummul Mu’minin; Khadijah al- Kubro radhiallahuanha. Beliau meninggal pada tahun 10 kenabian, di usia 65 tahun, sedangkan pada saat itu Rasulullah Saw berusia 50 tahun.

Khadijah adalah istri yang selalu mendampingi Rasulullah Saw di masa- masa terberat awal dakwah beliau, dia korbankan diri dan hartanya demi kelangsungan dakwah beliau.

Hal tersebut terungkap dari ucapan Rasulullah Saw sendiri tentang Khadijah:

cerita nabi
cerita nabi
“ Dia beriman kepadaku ketika orang- orang kufur kepadaku, dia membenarkanku ketika orang- orang mendustakan, dia menyerahkan hartanya untukku ketika orang- orang mencegah hartanya untukku, dan Allah memberiku keturunan lewatnya, sementara yang lainnya tidak mendapatkannya”.

Tumpukan Kesedihan

Dua kejadian di atas sangat besar pengaruhnya dalam diri Rasulullah Saw, meningkat kedua orang tersebut selam ini sangat besar artinya dalam kehidupan Rasulullah Saw. Sementara itu di sisi lain tekanan dan ancaman orang- oang kafir semakin menjadi- jadi karena kini tidak ada lagi Abu Thalib yang suka melindunginya.

Melihat hal tersebut Rasulullah Saw mencoba hijrah ke Thaif dengan harapan di sana mendapat sambutan baik tidak seperti yang dia dapatkan di Mekkah. Namun kenyataannya penduduk Thaif memperlakukannya dengan kasar melebihi dari apa yang dia dapatkan dari kaumnya.

Begitu pula apa yang dialami oleh para sahabat beliau merekapun mendapatkan perlakuan semakin keras dari orang- orang kafir Quraisy.

Karena itu, tahun ini dalam sejarah kehidupan Rasulullah Saw dikenal sebagai Tahun Duka Cita (‘Aamul Huzni).

Menikah dengan Saudah radhiallahuanha

Pada bulan syawwal tahun ke 10 kenabian, Rasulullah Saw menikah dengan Saudah binti Zum’ah. Beliau telah lama masuk Islam dan termasuk yang hijrah ke Habsyah pada gelombang kedua. Awalnya dia seorang istri dari Sakran bin Amr yang juga telah masuk Islam dan turut pula hijrah bersamanya ke Habasyah. Namun beliau meninggal di sana. Maka setelah Saudah kembali ke Mekkah dan telah selesai masa Idahnya, Rasulullah Saw segera menikahinya.

Maka Saudah merupakan istri pertama yang dinikahinnya setelah wafatnya Khadijah radhiallahuanha.





Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.