HIKMAH LUAR BIASA MEMBANGUN MASYARAKAT BARU DALAM KISAH NABI MUHAMMAD SAW BAB 2 (Bag 14)

Unknown
kisah nabi muhammad saw
kisah nabi muhammad saw
Apa kabar semua para sahabat kejasroh diseluruh dunia. Kami barharap seperti biasanya kalian sehat selalu agar bisa berkunjung ke blog kami. Mari kita lanjutkan cerita sebelumnya. Selamat menyimak ceritanya.

Perjanjian Islam

Kemudian, Rasulullah Saw mengadakan perjanjian antar sesama muslim. Ada 16 butir isi perjanjian, yang secara umum berisi tentang perintah untuk bersatu dan saling tolong menolong larangan menzalimi, menjaga kehormatan, jiwa dan menjadikan Allah serta Rasul-Nya sebagai rujukan dari semua perselisihan antara mereka.

Dengan adanya perjanjian tersebut, kekuatan sendi- sendi masyarakat semakin kokoh. Bahkan tidak hanya sampai disini Rasulullah Saw juga mendidik para sahabat agar menjadi pribadi- pribadi mu’min yang berkualitas, berjiwa suci, berakhlak mulia, menanamkan kasih sayang, bersaudara, beribadah dan taat kepada Allah Ta’ala.

Ketika salah seorang sahabat bertanya kepadanya: “ Islam apa yang paling baik?”, Rasulullah Saw menjawab:

kisah nabi muhammad saw
kisah nabi muhammad saw
" Engkau memberi makan (orang tua) serta mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal"

sejarah nabi, sejarah nabi muhammad saw, kisah kisah nabi, cerita para nabi, kisah rasulullah saw, riwayat nabi muhammad, kisah para nabi dan rasul
kisah nabi muhammad saw
“ Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, shalatlah di waktu malam ketika orang lain tidur, kalian akan masuk syurga dengan tentram”

Dan diantara sabdanya juga:

kisah nabi muhammad saw
kisah nabi muhammad saw
 “ Tidak masuk syurga orang yang tetanggannya tidak aman dari kejahatannya”

kisah nabi muhammad saw
kisah nabi muhammad saw
“ Orang muslim adalah orang yang orang- orang muslim (lainnya) selamat dari lisan dan tangannya”

“ TIdaklah beriman seorang di antara kalian sebelum dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri”

“ Antar mu’min yang satu dengan mu’min lainnya, bagaikan bangunan satu sama lain saling menguatkan”

Dan masih banyak hadits- hadits Rasulullah Saw lainnya yang besar pengaruhnya dalam menciptakan pola hubungan yang baik di tengah masyarakat muslim. Sehingga masyarakat pada zaman sahabat dikenal sebagai contoh masyarakat yang ideal dan menjadi panutan sepanjang sejarah.

Di sisi lain, kebpribadian Rasulullah Saw sebagai pemimpin yang sangat agung, berwibawa dan berakhlak mulia, sangat besar perannya dalam mengarahkan masyarakat baru Madinah yang mampu mengatasi berbagai rintangan ke depannya.

Perjanjian Dengan Kaum Yahudi

Keberadaan kaum Yahudi sebagai bagian masyarakat Madinah tidak dapat dipungkiri. Walaupun mereka membenci islam dalam dirinya, tapi sampai saat itu, mereka tidak menampakan permusuhan. Karena itu, Rasulullah Saw merasa perlu mengadakan perjanjian dengan mereka untuk semakin menguatkan sendi- sendi masyarakat Madinah.

Inti dari perjanjian tersebut adalah, saling menjaga keamanan bersama, saling menasihati, saling membantu, saling membela dalam serangan musuh, menghormati kepercayaannya masing- masing dan tidak boleh saling menyerang atau memusuhi, dan jika ada pertikaian di antara mereka, maka rujukannya adalah Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Dengan demikian, lengkaplah sudah, Rasulullah Saw telah membentuk satu masyarakat yang tertata sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat untuk dikatakan bahwa masyarakat di Madinah ketika itu adalah sebuah Negara berdaulat dengan kekuasaan yang sah dan Rasulullah Saw sebagai pemimpinnya.






Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.