KISAH RASULULLAH BERPERANG MELAWAN ORANG KAFIR (Bag 15)

Unknown
kisah rasulullah
kisah rasulullah
Meskipun Rasulullah saw serta para sahabat telah hijrah ke Madinah dan mulai mapan tinggal disana, namun hal tersebut tidak membuat orang- orang kafir Quraisy berdiam diri. Mereka justru gencar melakukan ancaman dan rencana penyerangan.

Hal tersebut tidak dianggap remeh oleh Rasulullah Saw dan para sahabat, sehingga mereka selalu dalam keadan siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya penyerangan.

Dalam kondisi yang menegangkan seperti tiu, Allah Ta’ala menurunkan ayat yang mengizinkan kaum muslimin berperang untuk menyingkirkan kebatilan dan menegakkan syi’ar Allah.

kisah rasulullah
kisah rasulullah
“ Telah diizinkan (berperang) bagi orang- orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya, dan sesungguhnya Allah , benar- benar Maha Kuasa menolong mereka itu” (QS. Al-Haj:39)

Namun demikian, setelah turunnya ayat tersebut, tidak serta merta Rasulullah Saw mengadakan peperangan terhadap kaum kafit Quraisy yang saat itu memang masih sangan kuat, langkah pertama yang Rasulullah Saw lakukan adalah menguasai jalur perdagangan kaum Quraisy antara Mekkah dan Syam. Untuk itu Rasulullah Saw meletakkan dua strategi jitu:

Pertama, mengadakan perjanjian dengan suku- suku di sekitar pengintaian dan antisipasi kemungkinan terjadinya serangan musuh, juga untuk mengetahui seluk beluk jalan keluar kota Madinah atau jalan menuju Mekkah.

Tercatat beberapa kejadian pada waktu itu, diaman satu regu yang ditugaskan Rasulullah Saw melakukan patroli militer, dan nyaris sempat terjadi beberapa kali bentrokan, namun tidak sampai membesar. Sekaligus sebagai isyarat kepada kaum Yahudi dan Arab Badui akan kekuatan kaum muslimin juga peringatan bagi kaum Quraisy tentang hal tersebut.

Di antara tim yang cukup dikenal adalah tim yang dipimpin Abdullah bin Jahsy. Tim ini diutus pada bulan Rajab tahun ke 2 H = tahun 624 M, terdiri dari 12 orang Muhajirin. Rasulullah Saw membekali tim ini dengan sepucuk surat yang tidak boleh mereka buka kecuali setelah perjalanan dua hari. Lalu setelah dua hari perjalanan surat tersebut mereka buka suratnya, isinya adalah:

“ Jika kalian telah membaca suratku, berjalanlah menuju Nakhlah yang terletak antara Mekkah dan Tha’if intailah rombongan Quraisy, dan informasikan kepada kami beritanya”.

Karenanya tim ini dikenal dengan Saraya Nakhlah.

Namun, di luar rencana, tim ini melakukan penyergapan terhadap khafilah dagang Quraisy tersebut, sehingga ada di antara mereka yang terbunuh dan tertawan, serta harta mereka dirampas. Padahal saat itu masih bulan Rajab yang dikenal masyarakat Arab sebagai bulan suci yang tidak boleh ada pembunuhan dan peperangan, karenanya tindakan mereka tidak disetujui oleh Rasulullah Saw.

Orang- orang kafir yang mendengar berita itu, segera menyebarkan isu negatif bahwa kaum muslimin telah melanggar perintah Allah. Sehingga terjadi komentar dalam masalah ini.

Namun Allah Ta’ala menurunkan wahyu-Nya untuk menjawab tuduhan orang kafir tersebut:

kisah rasulullah
kisah rasulullah
“ Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram. Katakanlah : “Berperang dalam  bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangi (manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) Masjidil – haram dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) di sisi Allah. Dan berbuat fitnah (menganiaya dan  menindas islam dan kaum muslimin) lebih besar dosanya daripada membunuh” (QS. Al- Baqarah:217)

Perubahan Arah Kiblat

Pada bulan berikutnya, Sya’ban tahun 2 Hijriah, turun perintah Allah untuk merubah arah kiblat dari Baitul Maqdis ( Palestina) ke Masjidil-Haram.

Hal tersebut mengisyarakan sebuah babak baru perjuangan Rasulullah Saw yang mengisyaratkan akan berhasil menundukkan kiblat tersebut dari tangan kaum musyrikin.






Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.