SIAPAKAH YANG MENGERTI KITA?

Unknown
tempat kita berlindung


Manusia diciptakan untuk menjalani sebuah kehidupan. Kehidupan macam apa yang harus kita jalani. Tentunya kehidupan yang menuju keabadian. Mudahkah menempuh hidup itu? tentu saja tidak. Hidup itu adalah sebuah pilihan yang harus kita tempuh. Mau menjalani atau hanya diam saja. Tapi apakah kita hanya akan diam saja? pastinya tidak mungkin. Mau tidak mau kita harus menerimanya. Dengan penuh percaya diri dan optimis kita jalani hidup bagaikan air yang mengalir.


Disetiap perjalanan hidup tentunya akan banyak sekali rintangan yang menghadang. Dari mulai yang kecil sampai yang besar. Mengapa demikian? itu adalah sebuah ujian agar kita lulus di dunia ini. Terkadang kita mengalami yang namanya masalah sehingga membuat setres bahkan menjadi beban pikiran. Tapi kita selalu menganggap bahwa masalah itu tidak ada jalan keluarnya. Padahal jika kita tahu masalah itu pasti akan selesai pada waktunya. Bukan hanya itu masalah perlu kita hadapi agar dapat kita ambil banyak perjalanan di dalamnya.

Besar kecilnya sebuah masalah ada pada diri kita sendiri. Mengapa demikian? karena masalah yang kecil harus kita selesaikan dengan pikiran dingin bukan panas. Maka dari itu banyak yang setres dalam menghadapi sebuah masalah karena selalu menanganinya dalam keadaan panas. Tidak hanya itu sering kali dari masalah kecil itu membuat masalah- masalah baru lagi. Sehingga terjadilah penumpukan masalah yang tidak ada habis- habisnya.

Dari semua itu timbullah sebuah pertanyaan, siapakah yang akan mengerti masalah kita? siapakah yang akan menolong kita? tentu saja jawabannya adalah Allah Swt. Dialah sebaik- baiknya penolong di setiap langkah kita. Apa yang kita lakukan Dia selalu tahu dan apa yang kita sembunyikan Dia pun tahu. Namun sering kali kita berpikir kapan pertolongannya datang? padahal tidak kita minta pertolongan itu akan datang. Ingatlah siapa yang memberi rizki tanpa putus kepada kita. Dia adalah Allah Swt. Disetiap masalah yang kita hadapi terasa berat namun terkadang masalah itu terselesaikan. Itu juga ada peran penting Allah Swt di dalamnya. Tanpa kita sadari semua masalah dan kesulitan kita telah Allah selesaikan dengan beberapa perantaraan. 

Allah Swt itu sedang menguji kita. Mulai dari tingkat kesabaran, cara berpikir disetiap masalah dan cara mengatasinya. Namun dalam mengatasi ini kita sering kali tidak pernah berhasil. Tapi apa yang kita saksikan solusi tiba- tiba datang satu persatu tanpa kita minta. Perlu kita ingat lagi itu adalah Allah Swt. Allah Swt selalu datang kepada kita. Dia sangat menyayangi dan mencintai kita. Disetiap pikiran, usaha dan keringat serta kesedihan kita menjalani masalah Allah sangat merindukan kita. Maka mintalah pertolongan hanya kepadanya bukan kepada manusia, usaha, uang, kekuasaan, bahkan sampai mendekati seorang dukun.

Perbanyaklah berdoa dan beristiqomah maka pertolongan itu akan datang. Yakinlah pertolongan itu  datang. Maka semua itu akan menjadi kenyataan tanpa kita duga. Kita jalani saja masalah kita karena tidak tahu apa yang akan terjadi. Yang pasti masalah itu adalah sebuah kebaikan dimana kita akan mendapatkan pelajaran besar. Belum tentu orang lain mendapat pelajaran seperti apa yang kita alami. Nikmatilah pelajaran itu, dengan begitu kita akan menemukan keikhlasan. Tidak akan pernah kita dapatkan pelajaran tersebut disekolah atau Universitas apapun. Bersyukurlah atas apa yang kita peroleh selama ini. Apa yang kita dapatkan selama ini belum tentu terjamin keabadiannya selama itu masih di dunia. Dunia ini tempatnya berbagai macam titipan yang mana akan kembali dan berpindah tangan kepada siapapun dan dimanapun.

"Yaa Allah, aku selalu membutuhkanmu"
"Dan Engkau tak henti- hentinya memenuhi kebutuhanku"

Pahamilah sebuah arti Illahi karena dia dzat yang menguasai segalanya.
Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.