SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW HIJRAH KE MADINAH BAB 2 (Bag 12)

Unknown
sejarah nabi muhammad
sejarah nabi muhammad

Apa kabar sahabat Kejasroh. Kita bertemu kembali disini. Sebelumnya kami sudah membahas kisah baginga Rasul tentang hijrahnya atau perjalanannya ke kota Madinah. Kini kami akan melanjutkan kisah dari kelanjut cerita yang sebelumnya. Silahkan menyimak ceritanya.

Hijrah Rasulullah Saw

Ketika kesepakatan membunuh Rasulullah Saw telah diambil, malaikat Jibril segera memberitahu Rasulullah Saw tentang rencana makar mereka. Dia juga memberitahukan bahwa Allah Ta’ala telah mengizinkannya untuk melakukan hijrah.

Rasulullah Saw segera menuju rumah Abu Bakar, di siang hari yang terik dan pada waktu yang biasanya jarang orang lalu lalang.

Sesampainya di rumah Abu Bakar, Rasulullah Saw meminta kepadanya agar tidak ada seorangpun keluarganya yang berada di dalam, karena dia akan menerangkan rencana perjalanan hijrahnya kepadanya. Abu Bakar sangat gembira dengan dipilihnya dia sebagai teman yang mendampingi hijrah Rasulullah Saw.

Setelah itu Rasulullah Saw kembali ke rumahnya, menunggu datangnya malam.

Pengepungan Rumah Rasulullah Saw

Pada sat yang bersamaan para pembesar suku Quraisy sudah bersiap- siap untuk melaksanakan rencana mereka. Rencana sudah mereka susun di  siang harinya secara matang. Mereka telah memilih 11 orang dari masing- masing suku untuk menunaikan tugas tersebut.

Ketika gelap malam mulai tiba, mereka bergerak dengan mengintai rumah Rasulullah Saw, jika mereka melihat beliau telah tertidur, maka eksekusi tersebut akan mereka lakukan.

Berdasarkan kesepakatan, eksekusi tersebut akan mereka lakukan pada pertengahan mala. Mereka sangat yakin eksekusi tersebut akan berhasil dilaksanakan.

Namun di balik semua itu ada Allah Ta’ala yang selalu melindungi hamba-Nya dan berbuat sesuai kehendak-Nya. Dia berfirman:


sejarah nabi muhammad
sejarah nabi muhammad

“ Dan (ingatlah), ketika orang- orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik- baik pembalas tipu daya” (QS. Al- Anfal:30)

Maka pada waktu yang sangat kritis tersebut, Rasulullah Saw memerintahkan Ali bin Abi Thalib kw untuk tidur di tempar tidurnya dengan menggunakan selimut yang biasa beliau gunakan.

Setelah itu Rasulullah Saw keluar menerobos kepungan mereka yang sat itu penglihatannya Allah cabut sehingga tidak melihat Rasulullah Saw. Bahkan beliau Saw sempat mengambil tanah dalam dua genggam tangannya dan menuangkannya di atas kepasa- kepada mereka.


sejarah nabi muhammad
sejarah nabi muhammad
“ Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat” (QS. Yasin: 9)

Kemudian pada malam itu juga, Rasulullah Saw berjalan menuju rumah Abu Bakar ra.

Sementara itu para pengepung rumah Rasulullah Saw masih menunggu- nunggu waktu pelaksanaan eksekusi tersebut. Namun seseorang datang melewati tempat mereka, seraya bertanya: “ Apa yang kalian tunggu ?”, mereka menjawab: “Muhammad”, orang tersebut lantas berkata: “ Kalian telah tertipu dan gagal, demi Allah, dia telah pergi meninggalkan kalian, dan dia telah menuangkan debu di atas kepala kalian”. Mereka berkata: “ Demi Allah, kami tidak melihatnya”, lalu mereka membersihkan debu dari kepala mereka.

Mereka segera masuk ke rumah dan melihat ada seseorang yang sedang tidur. Mereka mengira bahwa dia adalah Rasulullah Saw yang sedang tidur dibalik selimutnya. Namun ternyata yang tidur di tempat itu adalah Ali bin Abi Thalib kw.






Sumber : Kitab Ar-Rahiqul-Makhtum

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.