IKHLAS MENDATANGKAN KEAJAIBAN YANG LUAR BIASA

Unknown
lakukan yang terbaik untuk hidup kita


Ikhlas itu penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Kemana kita pergi ikhlas akan selalu mengikuti. Kenapa demikian? tentu saja karena kita membutuhkan keikhlasan dalam hidup. Tanpa ikhlas apa yang kita kerjakan terasa sia- sia. Ikhlas bukan hanya saat kita memberi sesuatu yang dibutuhkan oleh orang lain. Melainkan ikhlas mempunyai arti yang luas dalam sebuah kehidupan. Bisa diibaratkan ikhlas ini seperti bayangan kita yang selalu mengikuti kita kemana saja. Namun ada kalanya bayangan itu hilang di dalam kegelapan  sebagaimana juga ikhlas. Itulah kenyataan yang terjadi dalam kehidupan kita.

Tanpa sebuah penjelasan tentu saja kita semua pasti tahu arti sesungguhnya dari sebuah keikhlasan. Walaupun sulit untuk melakukannya dalam kehidupan kita sehari- hari. Kali ini kami akan berbagi sedikit cerita yang luar biasa dialami oleh seseorang. Semua itu berakhir dari keikhlasannya yang tulus. Walaupun awalnya dia melupakan sesuatu dan lalai atas kewajibannya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ceritannya.


Sebut saja namanya Bapak Tono. Dia adalah seorang pengusaha yang sukses. Perusahaannya bercabang- cabang dan ada dimana- mana. Kekayaannya sangatlah luar biasa sehingga apa saja yang diinginkan oleh anaknya pasti dituruti. Tidak hanya itu ketika istrinya ingin pergi berbelanja ke supermarket dan membeli perhiasan selalu saja dituruti.

Namun sayang beribu sayang dia lupa akan kewajibannya. Kewajiban apakah itu? tentu saja kewajibannya kepada Sang Pencipta. Dia lupa akan solatnya, sedekahnya dan banyak lagi yang dia lupakan. Kekuasaan dan kekayaan telah berhasil membuatnya lupa akan hal tersebut. Hanya kesombongannya yang semakin bertambah. Tidak hanya itu bahkan dia sering menyakiti hati seseorang dengan ucapannya. Dia tidak pernah memikirkan perasaan seseorang dan berkata sesuka hatinya. Yang dia ingat hanyalah kekuasaan dan kekayaan yang dia miliki.

Aktifitasnya hanya bekerja dan berfoya-foya dengan uang yang dia miliki. Kesenangan dan berpesta yang dia lakukan setiap hari dengan teman- temannya. Pendidikan moral anaknya sama sekali tidak diperhatikan. Istrinya pun dibebaskan sesuka hati olehnya untuk pergi kemana saja. Bahkan dia tidak khawatir jika istrinya berpaling darinya.

Sampai suatu hari perusahaannya mengalami kebangkrutan yang luar biasa. Semua sahamnya turun sehingga perusahaannya hancur satu persatu. Sampai pada akhirnya tidak ada satu perusahaan pun yang dia miliki. Uang di dalam tabungannya sudah habis semua semata- mata hanya untuk mempertahankan perusahaannya. Namun sayang uang yang banyak itu tidak bisa menyelamatkan perusahaannya. Kini perusahaan yang telah dia bangun bertahun- tahun lamanya hancur dengan mudahnya dalam hitungan hari. Tidak seorang pun bisa menolongnya karena semua itu sudah garis yang ditentukan oleh Sang Pencipta untuknya.

Kini hanya rumah dan keluarganya yang tersisa. Bukan hanya itu, dia juga masih memiliki sedikit uang di berangkas didalam rumahnya. Yang mana uang tersebut mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sampai dia menemukan pekerjaan kembali. Tanpa dia sangka ternyata istrinya ingin dicerai. Alasannya karena dia sudah tidak kaya lagi. Pak tono tidak menyetujuinya walaupun dia terus memaksa. Tanpa pikir panjang istrinya meninggalkan istri dan anak semata wayangnya itu. Dia sama sekali tidak peduli kepada suami dan anaknya. Karena dia sama seperti bapak Tono yang gila akan harta. Pak Tono bersedih dan menangis karena ditinggal istrinya. Saat itu anaknya menghampirinya, serta menghiburnya agar tidak bersedih.

Selang beberapa waktu anaknya yang hendak menghiburnya itu terjatuh dan pingsan dipangkuannya. Pak Tono terkejut, seketika itu juga anaknya segera di bawa kerumah sakit. Setelah anaknya selesai diperiksa oleh dokter dia mulai siuman. Dokter memanggil pak Tono dan ingin berbicara dengannya secara rahasia tanpa diketahui oleh anaknya. Di dalam pembicaraannya dokter menjelaskan bahwa anaknya menderita sakit yang sangat parah. Sakit yang dideritannya adalah kanker hati. Apabila anak tersebut tidak segera dioperasi maka akan terancam keselamatannya. Tidak hanya itu dia juga akan menderita kesakitan tiba- tiba dalam kondisinya sekarang ini. Pak Tono kebingungan menjawab ucapan dokter. Karena dia tidak mempunyai banyak uang untuk membayar proses operasi anaknya. Tapi bagaimana lagi operasi itu harus segera dilakukan sebelum nyawa anaknya melayang. Dia meminta ijin untuk pulang dulu dengan anaknya ke rumah dan akan membawanya kembali kerumah sakit esok hari. Dokter mengijinkannya tapi dokter berharap dia benar- benar kembali lagi.

Sesampaiannya dirumah dia langsung mengantarkan anaknya ke kamar. Setelah itu dia pergi keruang tamu meninggalkan anaknya agar bisa beristirahat. Dia terus kebingungan karena dia benar- benar tidak memiliki uang banyak untuk membayar biaya operasi. Sambil duduk tiba- tiba buku terjatuh dari meja yang ada didepannya. Lalu dia mengambilnya dan menyimpannya kembali di atas meja. Namun dia terdiam, matanya terfokus pada sebuah buku yang tadi jatuh dari meja. Dia mencoba mengambil kacamata dan membaca buku tersebut. Ternyata buku yang dia pegang itu adalah tentang ilmu sedekah. Di dalamnya terdapat keutamaan sedekah dan pentingnya sedekah. Setelah membaca sampai akhir dia menangis. Dimana tangisan itu adalah rasa bersalah dirinya kepada Sang Pemberi nikmat dan rezeki. Karena selama ini dia lupa akan Allah swt serta kewajibannya kepada sesama makhluk ciptaanya. Tidak ada rasa syukur sedikitpun atas rezeki yang dia dapatkan dari Sang Pencipta. Kini dia menyesal sekali atas semua yang dia lakukan.

Ditengah malah dia terbangun dari tidurnya. Dia ingin sekali bertobat dan saat itu juga dia sholat tahajud sambil memohon ampun yang sesungguh- sungguhnya kepada Allah swt. Dia solat dengan penuh penyesalan yang luar biasa. Tangisannya tidak berhenti sampai dia selesai solat. Dia berdzikir terus menerus sampai waktu solat subuh datang. Setelah itu dia pergi keluar rumah untuk melaksanakan ibadah solat subuh di masjid. Di dalam solat dan doannya dia terus meneteskan air mata.

Hari yang ditunggu- tunggu sudah tiba yaitu hari dimana anaknya akan dioperasi. Anaknya segera dibawanya kerumah sakit. Mereka pergi menggunakan mobil pribadi miliknya yang merupakan harta yang masih dia miliki. Lalu dia mengambil semua uang di berangkasnya. Uang tersebut dimasukan kedalam tas yang berukuran besar. Selama diperjalanan dia terus teringat keutamaan sedekah. Hanya sedekah dan sedekah yang dia pikirkan. Dia tidak tahu apa yang harus dia lakukan. Ada keinginan dirinya untuk bersedakah tapi dia bingung kemana harus mengeluarkan uangnya itu. Sampai pada akhirnya dibukalah tas yang berisi uang tersebut. Lalu diambilnya uang di dalam tas itu. Lalu apa yang dia lakukan? ternyata dia melempar uang tersebut sepanjang jalan sambil bershalawat. Dalam tindakannya itu dia berdoa, dia meminta agar Allah swt menerima caranya dalam bersedekah itu. Ternyata semua uangnya dihabiskan tanpa tersisa satupun.

Setelah sampai di rumah sakit anaknya bertanya kepadanya. Pertanyaannya tentang bagaimana dia membayar. Sedangkan dia sudah membuang semua uangnya. Pak Tono menjawab pertanyaan anaknya dengan nada yang lembut. Dia menjelaskan bahwa Allah swt ada disamping kita. Lalu anaknya di bawa oleh sang dokter untuk diperiksa kembali soal kondisinya itu. Sehingga dokter tahu apakah kondisi anak siap untuk dioperasi atau tidak. Akan tetapi semua dokter dan petugas rumah sakit yang menyaksikan hasil pemeriksaan itu terkejut. Karena anak tersebut sama sekali bersih dari penyakit. Sampai- sampai dokter menanyakan kepada pak Tono. Kemana dia memberobatkan anaknya itu. Pak Tono bingung atas ucapan sang dokter karena dia sama sekali tidak membawa anaknya keruma sakit manapun. Setelah sang dokter menjelaskannya pak Tono menangis mengucap syukur atas kesembuhan anaknya itu. Dia tidak henti- hentinya mengucap syukur kepada Allah swt.

Sungguh luar biasa apa yang pak Tono lakukan. keihlasannya dalam bersedakah dan juga tobatnya yang sepenuh hati telah menciptakan keajaiban yang luar biasa. Dimana Allah swt telah menolongnya dari kesulitan yang dia alami. Tanpa waktu lama Allah swttelah merubah segalanya. Allah selalu berada disamping orang- orang yang ikhlas dalam melakukan sesuatu hal. Hanya keihlasan yang dapat menciptakan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin dan bahkan terjadi. Berusahalah untuk melakukan yang terbaik dan ciptakanlah keikhlasan yang ada dalam diri kita. Untuk kita dan orang lain yang kita sayangi.

Semoga cerita ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. 

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.